Telaga Biru, Semin Gunungkidul - Kuruma Wisata Jogja

Telaga Biru, Semin Gunungkidul

Telaga Biru, Semin Gunungkidul

Lagi Gunungkidul mendadak menjadi banyak sorotan wisatawan karena bermunculan tempat liburan yang baru, seperti halnya Telaga Biru Semin. Telaga Biru terletak di dusun Ngentak, desa Candirejo, kecamatan Semin, kabupaten Gunungkidul,Yogyakarta. Telaga biru Semin ini hampir dengan perbatasan dengan kabupaten Sukoharjo.

Telaga Biru yang lagi di gandrungi muda mudi pemburu selfie. Telaga biru semin ini merupakan hanya bekas pertambangan batu putih atau bekas galian yang batunya dimanfaatkan oleh penduduk setempat. Oleh sebab penggalian batu putih tersebut hingga mencapai dasar tanah dan menyebabkan air tanah keluar, ya seperti orang bikin sumur namun kali ini dengan kapasitas cukup luas. kemudian Air tanah tersebut keluar hingga permukaan dan mengakibatkan bekas galian terpenuhi oleh air tanah..

Sehingga terbentuklah beberapa galian yang menyerupai kolam dan berisi air yang cukup dalam hingga kurang lebih 4 meter.

Air yang berada di bekas galian ini cukup unik karena mempunyai warna yang biru nan jernih sehingga buat para muda mudi memanfaatkan pemandangan yang eksotis ini untuk berselfie ria.

Di tempat ini jika anda ingin melihat seperti apa telaga biru ini terbentuk anda bisa melihat di sekitar sini warga masih banyak beraktifitas menggali gundukan batu di sebelah tega ini karena sebagai mata pencahariannya.
Sungguh luar biasa ya, hanyalah bekas tambang batu yang tidak di sangka menjadi tempat wisata yang luar biasa, dan mampu menyedot wisatawan dari luar daerah untuk menambah penghasilan masyarakat setempat.

Biasanya kita berfoto view paling di gemari yaitu di puncak gunung sehingga bisa kelihatan semua Telaga Biru ini, namun perlu kehati-hatian yang cukup karena naik ke gunungnya hanya bermodalkan jalan setapak ketika hujan pasti menjadi sangat licin. Selain itu batuan kapur putihnya juga sangat rapuh, jangan sampai kita salah injak lho.

Sesampainya di puncak gunung wauuu kita bisa melihat Telaga Biru seakan mengelilingi kita dan ada beberapa anakan Telaga yang menghiasi Telaga ini semakin indah. Tidak hanya sampai disitu kita juga bisa melihat penduduk setempat yang masih menggali batunya dan selain itu kita juga menikmati kehijauan alam Semin dan pastinya udaranya masih sangat sejuk. Jauh deh dari polusi udara. Disini kita bisa menghabiskan waktu berfoto-foto sambil ngemil wah cocok pokoknya

Setelah sore tiba kami pun segera turun dan berkemas kemudian pulang. Wisata ini masih gratis hanya biaya parkir saja yang perlu kita bayar.

Akses
Akses untuk menuju telaga biru ini ada dua rute,
1. Yogyakarta – Jalan Solo – Prambanan -Klaten – Cawas – Semin – Watu Kelir – Telaga Biru.
2. Yogyakarta – Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangmojo – Semin -Watu Kelir – Telaga Biru.

Pokdarwis semin sangat berharap kepada para wisatawan untuk selalu menjaga tempat wisata ini, agar para pengunjung tidak merusak lingkungan dan juga membuang sampah sembarangan.

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: