Asyikk Banget Liburan Ke Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Liburan Ke Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Liburan Ke Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta

 

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja

Wisata Alam Kalibiru Kulon Progo Jogja

Kata pepatah banyak jalan menuju Roma, namun tips menikmati permainan dan keindahan saat liburan di Kalibiru Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta bisa Kamu ikuti secara rinci di kami saja. Dan tulisan ini sekaligus untuk menggugurkan artikel sebelumnya, karena Kalibiru yang sekarang sudah dikelola dengan profesional oleh warga setempat, yang dilengkapi dengan sarana fasilitas umum seperti Area WiFi Gratis, mushola, aula rumah joglo untuk rehat gratis, wisma atau homestay yang dikelola masyarakat, lapangan parkir, warung murah meriah hingga WC Umum.

Obyek wisata alam Kalibiru yang berada di ketinggian 450 m dpl di Perbukitan Menoreh daerah Hargowilis, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo ini memiliki kontur tanah bergelombang yang didominasi perbukitan dalam area hutan lindung. Hutan dikelola masyarakat setampat yang tetap terjaga kelestariannya, dan hutan ini sekaligus dijadikan obyek wisata alam. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh melalui dua rute Sermo Dan Clereng, dan dari masing masing rute jalan sudah beraspal baik yang bisa dilalui kendaraan roda empat non bus dan sepeda motor. Tapi pastikan kendaraan sehat, terutama pada rem, karena jalanan banyak tanjakan curam dan tikungan tajam RUTE SERMO KE KALIBIRU Secara umum, traveler lebih suka memilih jalur Sermo, Karena selain mengunjungi kalibiru, Bendungan Sermo juga menawarkan pemandangan alam yang indah, khususnya pada sore hari.

Jalur sermo kalau dari arah Jogja lebih cepat ditempuh via Sentolo – Pengasih – Alun Alun Wates – RSUD Wates – Beji – Sermo – Kalibiru. Caranya kalau dari kota Jogja, setelah melewati jembatan Bantar (3 jembatan panjang berjajar), sekitar 3km terdapat stasiun Sentolo, ikuti plang ke arah kanan menuju Pengasih – Wates. RUTE CLERENG KE KALIBIRU Rute Clereng waktu tempuh lebih cepat dan medan tidak seberat jalur Sermo. Adapun jalur Clereng kalau dari kota Jogja, ambil jalur sama Sentolo – Pengasih, bedanya sesampainya di perempatan ambil ke arah kanan menuju Clereng – Kalibiru. Perhatikan jangan sampai kebablasan.

Sesampai di pasar (kecil) Clereng sekitar 300 meter terdapat jembatan yang terletak persis di tikungan. Selepas jembatan jarak sekitar 20 meter terdapat plang kecil yang memberi instruksi (petunjuk arah) belok arah kiri menuju Kalibiru.

Anda baru bisa menikmati jalan jalan ke Kalibiru, apa bila Anda membaca dengan seksama jalur singkat untuk menghemat waktu liburan di atas, karena waktu tidak terbuang di jalan dan stamina juga tidak terkuras di perjalanan. Adapun aktifitas yang bisa dilakukan untuk menjelajah wisata Kalibiru, mulai dari sekedar menghirup udara segar dan menyaksikan keindahan alam dengan view waduk Sermo dan kota kota yang berada di bagian selatan seperti wates dan laut kidul, wisatawan juga bisa menikmati High Ropes Game, sebuah permainan outbound hingga menjelajah Jalur Trekking dengan berbagai pilihan. Adapun selengkapnya seperti berikut.

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: